Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Mengatur Keuangan Bulanan, Agar Dompet Gak Tipis Terus

Apa yang biasanya kamu lakukan setelah mendapatkan bayaran atau gaji bulananmu? Langsung beli barang ini itu yang diinginkan kah? Atau mungkin pergi berwisata? Boleh-boleh saja sih, tapi mesti diperhatikan juga pengeluaran kamu agar tidak boncos ya. Untuk itu, simak sampai habis tips mengatur keunganan bulanan yang akan disampaikan di artikel kali ini ya!

Pastikan kamu sudah menyisihkan sebagian gaji bulanan untuk menabung dan berinvestasi. Selain itu, kita juga mesti pintar-pintar dalam mengatur keuangan. Bagaimana sih cara mengatur keuangan bulanan agar dompet tidak tipis terus? Simak tips berikut ini yuk!

Tips Mengatur Keuangan Bulanan

Tips Mengatur Keuangan Bulanan

1. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Catat semua penghasilan bulanan kamu, termasuk gaji rutin bulanan dan penghasilan tambahan. Jangan lupa untuk membuat daftar pengeluaran juga.

Catatan ini sangat penting untuk mengetahui kemana perginya uang kamu setiap bulannya. Cara ini dapat digunakan sebagai salah satu upaya agar kondisi keuangan bisa terkontrol.

Jika malas mencatat, kamu dapat menggunakan aplikasi di ponsel kamu. Nantinya, kamu bisa tahu kemana saja uang yang kamu miliki tersebut digunakan untuk apa.

2. Buat Anggaran untuk Setiap Keperluan

Setelah mengetahui pendapatan dan pengeluaran bulanan kamu, tetapkan anggaran untuk setiap kebutuhan. Cobalah untuk tidak melebihi anggaran bulanan kamu selama ini.

Menyiapkan anggaran ini akan membantu kamu dalam mengurangi biaya pengeluaran yang berlebihan. Kamu juga dapat mengalokasikan dana dengan presentase, untuk membantu menentukan anggaran bulanan, seperti berikut:
  • 50% untuk kebutuhan pokok
  • 30% untuk membayar hutang dan cicilan
  • 10% untuk disimpan atau ditabung
  • 10% sebagai pegangan harian kamu

Tak harus sama, kamu dapat mengatur persentase sesuai dengan kebutuhan dan keadaan kamu saat ini.

3. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Salah satu cara untuk mengontrol keuangan pribadi adalah dengan membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Ketika akan membeli sesuatu, biasakan untuk bertanya pada diri sendiri apakah itu barang yang kamu butuhkan atau hanya sekedar keinginan sesaat saja?

Jika kamu dapat mengidentifikasi atau membedakan kebutuhan dan keinginan, nantinya akan lebih baik dalam mengelola keuangan.

4. Selalu Buat dan Bawa Daftar Belanja

Sebelum pergi berbelanja, cobalah untuk membuat daftar kebutuhan yang akan dibeli. Pastikan kangan sampai lupa membawanya ketika berbelanja.

Jangan tergoda untuk membeli barang yang tidak ada dalam daftar belanja yang kamu buat. Namun, jika ingin membeli barang lain yang tidak ada di dalam daftar, pastikan barang tersebeut memang kamu butuhkan dan dana anggaranmu masih cukup untuk membelinya. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol pengeluaran belanja bulanan.

Beberapa tips diatas bisa kamu terapkan dalam mengatur keuangan bulanan agar selalu stabil dan aman. Kamu juga bisa mencari dan belajar tips terbaru dalam mengelola keuangan agar kondisi keuangan bisa lebih membaik lagi nantinya.

Nah, itulah beberapa tips mengatur keuangan bulanan yang bisa kamu terapkan agar tidak boncos dan bikin dompet tipis. Semoga bermanfaat!