Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Memilih Perusahaan Bagus untuk Investasi, Pemula Wajib Tahu!

Tips Memilih Perusahaan Bagus untuk Investasi

Saat ini, investasi saham sudah mulai banyak peminatnya. Meskipun begitu, masih banyak pula para investor pemual yang mungkin masih merasa kebingungan karena minimnya pengetahuan dan tidak memiliki mentor atau teman yang sudha lebih dulu terjun di dunia investasi.

Para investor pemula yang mungkin Anda juga termasuk di dalamnya, wajib mengetahui beberapa tips atau poin penting sebelum memulai investasi. Tentu Anda menginginkan keuntungan sebanyak mungkin dari investasi yang akan Anda lakukan bukan? Nah, kalau begitu simak dulu yuk tips sebelum memulai investasi untuk para pemula!

Tips Memilih Perusahaan Bagus untuk Investasi

Dengan memperhatikan beberapa poin berikut, diharapkan Anda bisa sedikit tercerahkan dalam mengambil langkah investasi selanjutnya, sehingga meminimalisir resiko yang mungkin terjadi dalam aktivitas investasi Anda.

1. Cari dan Temukan Perusahan Untung

Agar bisa memperoleh keuntungan maksimal, Anda perlu jeli dalam memilih emiten yang memiliki nilai pertumbuhan laba positif. Anda juga wajib memperhatikan kestabilan pendapatan sera laba emiten dengan menganalisa data dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Perhatikan juga arus kas dan aktivitas operasional. Jika menemukan angka arus kas dekat dengan net income, artinya perusahaan tersebut dalam kondisi baik dan bisa Anda pilih.

2. Pilih Saham yang Sering Diperdagangkan

Pastikan Anda memilih emiten yang termasuk ke dalam kelompok LQ45 atau jenis saham yang aktif diperdagangkan. Jenis saham emitesn berkapitalisasi pasar besar atau yang sering disebut dengan istilah blue chip, sangat direkomendasikan dipilih untuk berinvestasi.

3. Periksa Laporan Keuangan

Salah satu cara terbaik dalam menganalisa perusahaan bagus untuk menaruh investasi, yaitu dengan memeriksa laporan keuangan perusahaan. Cara ini membantu dalam mengetahui kinerja perusahaan yang sedang diincar. Jika net income dari perusahaan tersebut positif, akan tetapi nilai cashnya minus, artinya perusahaan tersebut kurang bagus.

Nah, Anda bisa mencoba belajar menganalisa dengan melihat laporan keuangan mayora yang merupakan salah satu perusahaan bagus untuk investasi.

Selain 3 poin di atas, Anda juga perlu mengembangkan ilmu investasi yang lainnya seperti mencari tahu kondisi pasar modal terkini, rajin membaca berita ekonomi dan lain sebagainya.