Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Beberapa Penyebab Masalah Kulit Kepala Gatal

Penyebab Masalah Kulit Kepala Gatal

Jangan menganggap sepele permasalahan terkait kulit kepala yang gatal sehingga membuat rambut menjadi rontok. Kerontokan pada rambut yang terjadi lebih dari 50-100 helai per hari sudah termasuk kerontokan parah, bahkan hal tersebut bisa memicu terjadinya penipisan rambut.

Untuk itu, Anda perlu melakukan tindakan perawatan agar rambut dan kulit kepala sehat kembali dengan berbagai cara yang alami dan menggunakan shampo untuk kulit kepala gatal dan rambut rontok.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab masalah kulit kepala gatal, diantaranya:

Penyebab Masalah Kulit Kepala Gatal

1. Ketombe

Ketombe merupakan penyebab kulit kepala gatal yang cukup umum. Ketombe pada umumnya disebabkan oleh munculnya jamur yang menyebabkan timbulnya minyak serta sel-sel mati di kulit kepala. Hal tersebut membuat kulit kepala mengelupas dan gatal di kulit kepala.

Selain itu, ketombe juga bisa muncul disebabkan oleh kulit kepala yang sensitif terhadap produk tertentu. Serta penggunaan banyak produk penataan rambut atau jarang mencuci rambut hingga bersih.

2. Psoriasis

Masalah kulit kepala yang satu ini bisa terjadi karena disebabkan oleh sel kulit yang tumbuh terlalu cepat, sehingga membentuk bercak tebal dan kemerahan.

Kemudian bagian kulit kepala yang memerah ini akan ditutupi oleh serpihan dan sisik berwarna keperakan. Psoriasis tergolong kronis dan paling sering ditemukan pada kulit kepala, lutut, siku, dan leher bagian belakang.

Gejala awal dari proriasis yakni munculnya ketombe yang menempel pada batang rambut, bercak keperakan yang tebal dan akan berdarah jika dikelupas atau diangkat dari kulit kepala.

Bercak psoriasis juga dapat menyebar hingga keluar garis rambut, dan menimbulkan rasa sakit atau kulit kepala gatal serta timbul pada bagian tubuh lain.

3. Kurap

Munculnya kurap pada kulit kepala akan menyebabkan ruam dengan pinggiran yang sedikit menonjol ketika diraba dan tampak kemerahan seperti cacing yang membentuk cincin.

Kurap sendiri merupakan akibat infeksi jamur dari lapisan luar kulit kepala dan rambut. Gejala yang muncul bervariasi, seperti kulit kepala gatal, bagian kepala yang terkena kurap menjadi botak, dan kulit kepala bersisik.

Selain itu, alergi pada produk yang digunakan untuk rambut juga dapat memicu terjadinya gatal pada kulit kepala, seperti pengguanaan hair spray yang berlebihan untuk menata rambut. Hal ini dikarenakan hair spray membuat tekstur rambut menjadi mengeras dan memberikan sensasi rambut seperti ditarik, yang mana hal tersebut dapat membuat kulit kepala menjadi gatal.

Nah itulah beberapa penyebab masalah kulit kepala menjadi gatal. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mahkota Anda agar selalu sehat setiap saat. Semoga bermanfaat!