Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Merawat Anjing Agar Tidak Stres

Tips Merawat Anjing Agar Tidak Stres

Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan sangatlah menyenangkan. Seperti halnya memelihara ra anjing kesayangan sebagai teman. Namun, dalam memelihara binatang ada beberapa poin yang perlu diperhatikan seperti cara merawatnya agar anjing peliharaan tidak merasa stres.

Seringkali anjing peliharaan akan merasa stress secara tiba-tiba. Hal ini dikarenakan metode perawatan pada anjing yang kurang tepat. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu memperhatikan ulasan berikut ini, agar anjing peliharaan Anda selalu merasa baik-baik saja.

Tips Merawat Anjing Agar Tidak Stres

Jaga Lingkungan agar Terasa Nyaman

Ciptakan suasana lingkungan yang nyaman agar anjing Anda tidak mudah stress. Lingkungan yang tidak nyaman sangat cepat memicu tingkat kestresan anjing. Untuk menjaga agar tetap nyaman, rutinlah membersihkan kangdangnya, membersihkan kotoran sesering mungkin, dan beberapa hal lain yang perlu dilakukan.

Tanda anjing akan mulai merasa stress, mereka akan terus menggonggong tanpa henti sebagai bentuk ketidaknyamanannya. Tentu hal tersebut sangat menggangu bagi pemilik anjing dan orang sekitar. Segera cari tahu penyebabnya, biasanya kotoran mereka sudah menumpuk dan menimbulkan bau. Segera atasi hal tersebut agar lingkungan kembali nyaman dan anjing Anda tidak menjadi stress.

Ciptakan Interaksi dan Waktu Bermain

Anjing yang terlalu lama dibiarkan dan tidak dihiraukan akan mudah stress karena kesepian. Anjing yang dibiarkan sendirian terlalu lama akan merasa bosan sehingga mereka bisa merasa tertekan yang memicu terjadinya stress.

Agar hal tersebut tidak terjadi, alangkah baiknya Anda ciptakan interaksi serta menyisihkan waktu untuk bermain-main dengan anjing peliharaan Anda. Dengan mengajaknya bermain di halaman rumah seperti kejar-kejaran atau main lempar mainan, akan membuat anjing Anda merasakan suasana baru sehingga anjing tidak mudah mengalami stress.

Memberikan Sedikit Pijatan

Biasanya, setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh, anjing akan merasa stress. Berikanlah sedikit pijatan kecil untuk anjing Anda agar tubuhnya menjadi lebih rileks. Dengan cara ini juga akan mengendurkan otot-otot pada tubuh anjing yang menegang selama perjalanan jauh yang dilalui.

Jauhkan dari Sumber Penyebab Stres

Tak jarang anjing peliharaan tiba-tiba menjadi stress. Sebaiknya Anda segera mencari tahu lebih detail penyebab stress tersebut. Biasanya penyebabnya seperti suara bising, lingkungan yang kurang nyaman, kesepian karena lama didiamkan. Segera atasi peyebabnya agar anjing anda menjadi normal kembali.

Ada hal lain yang membuat anjing peliharaan menjadi stress yaitu dikarenakan keberaan hewan lain disekitarnya. Jika memang hal ini penyebabnya, sebaiknya pisahkan keduanya dan jangan meletakan kandang terlalu berdekatan. Berikan sedikit waktu untuk anjing Anda melakukan adaptasi dengan kehadiran hewan baru tersebut.

Rutin Memberi Makan

Lupa memberikan makan, menjadi hal yang sering membuat anjing menjadi stress. Rasa lapar sangat mudah dalam memicu stress pada anjing peliharaan. Jika Anda tidak memberinya makan terlalu lama, jangan heran jika tiba-tiba muncul naluri hewani pada peliharaan Anda.

Agar tidak telat memberikan makanan, catat jadwalnya agar tidak lupa. Selain itu, makanan anjing yang diberikan juga harus memiliki kandungan nutrisi yang cukup agar pertumbuhan anjing berjalan dengan baik dan sehat. Tidak perlu memilih jenis makanan anjing yang mahal untuk merawat anjing peliharaan Anda. Yang terpenting, asupan nutrisinya bisa terpenuhi dengan baik sehingga anjing Anda lebih terjaga kesehatannya.

Untuk mendapatkan makanan anjing terbaik dengan harga terjangkau, Anda bisa dengan mudah menemukannya di marketplace terbaik hanya di Blibli.