Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencuci Masker Kain Dengan Benar


Menggunakan masker medis atau masker sekali pakai tentu saja bisa membuat boros pengeluaran kita. Ya memang berguna untuk menjaga diri agar terhindar dari penyakit menular, tapi jika menggunakan masker yang sekali pakai langsung dibuang tentu saja sangat tidak efektif. Apalagi sekarang stok dari masker medis yang sangat sedikit dan bila memang ada yang menjual pasti dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Untuk itu sekarang banyak masyarakat yang mulai beralih menggunakan masker kain dibandingkan masker medis. Selain harga yang terjangkau, masker kain juga bisa dipakai berkali-kali asalkan dicuci dulu dengan benar dan bersih. Setidaknya kita harus memiliki beberapa masker kain agar jika yang satu dicuci kita bisa memiliki penggantinya.

Sekarang kita juga bisa mendapatkan dengan mudah masker kain custom. Kita bisa membuat masker kain dengan harga yang murah dan juga dengan motif sesuka kita. Anda bisa mendapatkan masker kain custom, masker fullprint, dan juga masker kain polos di custom.co.id. Oke balik lagi ke pembahasan lalu bagaimana cara mencuci masker kain dengan baik dan benar.

Mencuci Dengan Air Hangat Setiap Hari

Masker kain hanya bisa mampu menghalangi bakteri dan virus dalam waktu maksimal 4 jam saja. penggunaan masker jika sudah melebihi 4 jam maka kita harus mencuci masker kain tersebut dengan air hangat. Mencuci masker kain dengan air hangat sangat penting karena air hangat ini sangat berperan dalam membasmi mikro organisme terutama dalam mikroorganisme yang tidak kuat dalam suhu panas.

Menggunakan Deterjen Dan Disinfektan

Untuk mencuci masker kain ini bukan hanya menggunakan air hangat saja tapi juga harus menggunakan deterjen atau juga bisa dengan disinfektan. Paling tidak dibutuhkan waktu 30 menit untuk mengangkat semua noda dan juga membunuh bakteri yang menempel pada masker kain. Selain menggunakan deterjen sangat dianjurkan mencuci masker kain menggunakan disinfektan agar semua bakteri bisa terbunuh.

Mengeringkan Masker Di Bawah Sinar Matahari Langsung

Setelah mencuci masker kain jangan lupa kita harus mengeringkan masker kain tersebut di bawah sinar matahari langsung ya. Hindari mengeringkan masker kain dengan setrika atau alat penghasil panas lainnya karena sinar matahari langsung ini lebih efektif dalam membunuh kuman dan juga bakteri.

Simpan Pada Tempat Yang Kering

Selesai Anda mencuci masker kain tersebut sebaiknya Anda simpan dulu sebelum mulai anda pakai lagi. Sangat dianjurkan untuk menyimpan masker kain di tempat yang kering dan juga bersih. Jangan sampai kita menyimpan masker kain di tempat yang lembab karena tempat yang lembab tersebut adalah lokasi favorit dari bakteri dan juga virus dalam berkembang biak.